BUKU TABUNGAN SISWA / PELAJAR

BUKU TABUNGAN SISWA / BUKU TABUNGAN PELAJAR

Buku Tabungan Siswa / Pelajar
Buku Tabungan Siswa atau Buku Tabungan Pelajar diadakan di SMP Negeri Satu Atap Sungai Karang Kabupaten Tebo mulai Tahun Pelajaran 2012/2013. 

Secara umum dengan adanya buku tabungan siswa/pelajar ini diharapkan dapat menjadi pendorong bagi siswa untuk belajar menabung sejak dini, hal ini tentu merupakan bagian dari pembelajaran ekonomi yang aplikatif, di samping mendidik siswa untuk berorientasi kepada masa depan yang lebih baik juga dapat menekan pemborosan sejak dini serta mendidik peserta didik untuk mengoptimalkan fungsi uang secara positif.

Buku Tabungan Siswa/Pelajar ini dikelola langsung wali kelas dengan pegangan satu buah Buku Rekapitulasi Tabungan dari seluruh siswa dalam setiap kelas, hal ini dimaksudkan agar proses pengelolaan tabungan siswa/pelajar, akuntabilitas, serta pertanggung jawabannya lebih jelas karena jumlah tabungan siswa bervariatif serta dengan kalkulasi nilai yang relatif besar.


Bentuk buku tabungan siswa serta buku rekapitulasi (buku kendali) yang dipegang oleh wali kelas ini dicetak dengan simple dan praktis yaitu seukuran buku saku. Masing-masing buku terdiri dari sampul luar, sampul dalam (termuat ketentuan umum mengenai tabungan siswa/pelajar), isi, serta beberapa lembar catatan.

Buku Tabungan Siswa/Pelajar sebagai buku yang dipegang oleh masing-masing siswa yang dapat dikontrol langsung oleh orang tua maupun wali murid di rumah, sedangkan Buku Rekapitulasi Tabungan Siswa/Pelajar dipegang oleh masing-masing guru wali kelas sebagai buku kendali dari tabungan seluruh siswa.

Berikut file lengkap mengenai Buku Tabungan Siswa/Pelajar dan juga file lengkap dari Buku Rekapitulasi Tabungan Siswa/Pelajar SMPN Satu Atap Sungai Karang:


Untuk masa-masa yang akan datang, mungkin Buku Tabungan Siswa/Pelajar ini akan mengalami perubahan bentuk maupun isi dalam beberapa bagian, hal ini dilakukan tentunya untuk menyempurnakan buku yang sebelumnya untuk disesuaikan dengan kebutuhan siswa maupun sekolah yang mengutamakan optimalisasi, efisiensi dan efektifitas. (djsn)

4 comments:

  1. Ijin sedot buku tabungannya mas .... tank banyak blognya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. wah.....buku tabunganya hebat marilah kita menyanyikan lagu kita nabung mulai.... bing,beng,bang, yuk kita ke bank bang,bing,bung, yuk kita nabung tangtingtung hei jangan dihitung tau tau kita nanti dapat untung dan seterusnya....................................................

    ReplyDelete