0
PERAN PENYULUH BAHASA TERUS DIOPTIMALKAN

Jakarta – Peran penyuluh bahasa yaitu memasyarakatkan Bahasa  Indonesia di masyarakat akan terus dioptimalkan. "Banyaknya permintaan penyuluh menunjukkan bahwa keberadaan Bahasa Indonesia sangat penting," ujar Plt. Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Mahsun, di Jakarta, dalam acara Pertemuan Penyuluh  di Lingkungan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa beberapa hari yang lalu.


Mahsun berharap agar  pertemuan penyuluh tidak berakhir hanya  dalam pertemuan ini. Untuk kelanjutannya, perlu  dipikirkan adanya  perangkat penyuluh untuk berbagai kepentingan penyuluhan sesuai dengan kebutuhan masyarakat,  misalnya penyuluhan untuk guru, wartawan,  atau pembawa  acara.



Kepala Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan, M. Muhadjir  menyebutkan bahwa saat ini jumlah penyuluh tidak seimbang dengan keadaan wilayah di Indonesia. Jumlah penyuluh dari Badan Bahasa  51 orang serta penyuluh dari balai bahasa dan kantor bahasa 143 orang. Dengan demikian, pertemuan penyuluh ini dapat menjadi semangat penyuluh dalam bertugas di lapangan. (PIH/ badanbahasa.kemdikbud.go.id)





Sumber : Kemdikbud RI


Post a Comment

 
Top