0
INDONESIA TUAN RUMAH PAMERAN FILATELI DUNIA TAHUN 2012

Konferensi Pers World Stamp Championship di JCC (18-24/06/2012)
Jakarta --- Indonesia mendapat kehormatan untuk menyelenggarakan pameran filateli dunia tahun 2012. Kehormatan tersebut diperoleh saat Indonesia ditunjuk oleh Federasi Filateli Internasional dalam kongres di Lisabon Portugal, Oktober 2010 lalu.



“Ini pameran tertinggi filateli di dunia. Ini bukan cuma masalah gambar, tapi bicara kedaulatan,” demikian diungkapkan Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis di PT Pos Indonesia, di Gedung Kemdikbud, Rabu (13/06).


Pameran filateli ini akan dihadiri oleh para filatelis dunia dan akan melombakan koleksi prangkonya. Adapun kelas yang dipertandingkan sangat beragam. Setyo menambahkan, untuk setiap pemenang akan diberi medali dan tanda mata dari negara-negara pendukung. “Tidak ada hadiah uang dalam kompetisi ini,” katanya.



Pameran filateli kali ini akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 18-24 Juni 2012. Pameran ini dibuka untuk umum dan tidak dipungut bayaran atau gratis. Untuk perhelatan besar ini, Indonesia menyiapkan prangko yang terbuat dari bahan kulit dengan motif wayang gunungan, serta prangko dengan bahan dasar batik.



“Kita bekerja sama dengan cartor di Perancis untuk membuat prangko ini,” tuturnya. Selain kedua jenis prangko tersebut, juga akan dipamerkan prangko berbau kopi, bunga mawar, bahkan yang bertabur berlian swarowsky. Dan yang paling menarik, akan dipamerkan pula prangko zaman Hindia Belanda tahun 1864 sebanyak 64 buah, berstempel Ngawi, dengan harga Rp20 miliar. Prangko tersebut diketahui adalah milik warga negara Singapura. “Dulunya pasti milik orang Indonesia,” katanya. (AR)





Sumber : Kemdikbud RI

Post a Comment

 
Top