0
OLIMPIADE SAINS NASIONAL SMP WAHANA BERKOMPETISI SEHAT

Pontianak --- Suyanto, Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Dasar, membuka Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMP secara resmi pada Jumat (29/6) di Pontianak Kalimantan Barat. “OSN merupakan salah satu wahana untuk menumbuhkembangkan semangat siswa berkompetensi akademik guna mendorong keberanian bersaing secara sehat,” ujar Suyanto. "OSN merupakan upaya untuk menyiapkan  anak bangsa guna menghadapi masa depan dan menjadikan bangsa ini bermartabat di antara bangsa-bangsa lain di dunia."
                                                  

Menurut Suyanto, hanya negara yang unggul dalam bidang ekonomi dan ilmu pengetahuan dan teknologi serta didukung nilai-nilai budayanya yang kondusif, yang akan dapat mengambil manfaat besar dari globalisasi. “Olimpiade ini juga harus digunakan sebagai arena membangun kejujuran agar prestasi yang dicapai merupakan prestasi sejati,” ujarnya menambahkan.



Gubernur Kalimantan Barat  Cornelis yang hadir dalam pembukaan OSN SMP tersebut menghimbau kepada para peserta agar berkompetisii dengan cara jujur, disiplin. “Dan, jadilah pemenang dengan cara yang baik," ujarnya.



Bidang yang dilombakan dalam OSN SMP 2012 ini meliputi mata pelajaran fisika, matematika, biologi, dan ilmu pengetahuan sosial (IPS). Peserta terdiri dari siswa SMP, SMP Terbuka, SD SMP satu atap baik negeri maupun swasta.



Peserta adalah siswa SMP dari seluruh Indonesia yang telah lulus seleksi di tingkat provinsi, baik sebagai ranking nasional maupun sebagai perwakilan provinsi. Jumlah peserta adalah 99 orang untuk tiap mata pelajaran. OSN SMP 2012 ini akan berlangsung hingga 4 Juli mendatang. (EH/NW)





Sumber : Kemdikbud RI

Post a Comment

 
Top