0
SEJARAH SINGKAT BLOG SMPN SATU ATAP SUNGAI KARANG

Tampilan Blog SMPN Satu Atap Sungai Karang Tahun 2012
Kembali ke masa lalu tepatnya pada awal tahun 2009, saya mendapatkan tugas ditempatkan di sekolah ini. Sebelum bertugas tentu saya harus mencari informasi tentang sekolah ini baik mengenai lokasi sekolah, keadaan sekolah maupun informasi-informasi lainya tentang sekolah ini dengan bertanya pada beberapa teman ataupun saudara saya yang saya anggap mengetahui tentang keadaan sekolah ini, selain itu saya juga browsing melalui internet, namun yang saya dapatkan saat itu hanya sebagian informasi sekolah yang relatif minim karena blog / website sekolah saat itu memang belum ada.



Singkat cerita setelah saya bertugas di sini selama kurang lebih 10 bulan baru terpikir untuk membuat sebuah blog sebagai media informasi online tentang sekolah ini tentunya. Tujuan awal saya dalam membuat blog ini agar nantinya dapat menjadi bahan orientasi awal tentang SMPN Satu Atap Sungai Karang bagi pegawai-pegawai baru yang akan bertugas di sini, mereka pun dapat mengetahui sebagian informasi-informasi mengenai sekolah ini dari dunia maya sebelum mereka bertugas, selanjutnya juga akan bermanfaat bagi siapapun yang ingin mengetahui informasi update yang berhubungan dengan sekolah ini.


Akhirnya setelah mendapatkan persetujuan serta dukungan penuh dari kepala sekolah yang saat itu dijabat oleh Bapak Muhammad Zuhri, pada bulan Januari 2010 saya mulai membuat blog sekolah ini dengan konten maupun isi posting yang sangat sederhana mengingat kemampuan saya di bidang ini masih sangat lemah dan notabene saya sama sekali tidak mempunyai latar pendidikan formal ataupun non formal di bidang ini.



Setelah lebih dari 1 tahun blog telah aktif, namun posting sangat jarang saya update selain karena sarana yang belum optimal juga karena tugas-tugas yang harus  saya kerjakan sehingga tidak sempat terfikir untuk “ngeblog”. Waktu terus berlalu, ternyata semakin banyak saya temukan alasan logis dari berbagai pihak untuk mengupdate blog sekolah ini baik dari teman-teman saya, rekan-rekan guru, murid-murid, maupun dari wali murid yang menginginkan nama sekolah maupun kredibilitasnya lebih dikenal luas bukan hanya di lingkungan sekitar sekolah saja, namun lebih dari itu atau setidak-tidaknya dikenal di wilayah Kabupaten Tebo.



Namun untuk mewujudkan ini saya pribadi merasa canggung dan sangat berat, selain karena kemampuan saya yang masih minim, alasan yang rasional lainnya yaitu bila ingin lebih dikenal tentu butuh sarana dan prasarana sekolah yang baik, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang terpenuhi, untuk hal-hal tersebut pun jumlah murid harus banyak dulu bukan…??? Padahal waktu itu khusus untuk kuantitas siswa memang masih sangat minim karena kebetulan pada saat itu saya menjadi wali kelas IX dan jumlah siswa satu kelasnya hanya 7 anak, di samping itu sumber listrik PLN pun belum menjangkau lokasi sekolah hingga saat ini. Cukup kompleks bukan alasan saya kala itu…???



Seiring dengan berjalannya proses belajar-mengajar di sekolah, semakin kuat motivasi saya untuk merehabilitasi ulang blog dengan mengesampingkan berbagai alasan kompleks yang telah saya sebutkan di atas dengan beberapa motivasi baru di antaranya :



1.     Walaupun tampilan blog masih sangat sederhana namun dapat dijadikan sebagai media informasi online mengenai profil sekolah, visi-misi, program-program ataupun kegiatan-kegiatan sekolah serta berbagai informasi-informasi penting lainnya yang berhubungan dengan dunia pendidikan.

2.     Dengan adanya blog sekolah dapat memacu kreativitas siswa dan guru untuk senantiasa berprestasi dan berkreasi positif dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan karena setiap momen penting dan berkesan positif kemungkinan besar akan dipublikasikan melalui blog sekolah ini.

3.     Blog sekolah dapat dijadikan sebagai sarana interaksi sekolah dengan berbagai pihak melalui media internet, sehingga akan banyak didapatkan berbagai masukkan ide-ide baru, saran-saran positif, serta berbagai informasi update dari berbagai pihak/kalangan yang akan dapat digunakan oleh pihak sekolah sebagai bahan pertimbangan dalam memutuskan langkah-langkah strategis dalam penyelenggaraan proses belajar-mengajar demi tercapainya kualitas pendidikan yang lebih optimal.

4.     Blog sekolah sebagai wadah pembelajaran seluruh keluarga besar SMPN Satu Atap Sungai Karang dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

5.     Sebagai bahan evaluasi sekolah dan sebagainya.



Dari berbagai motivasi inilah saya selaku admin blog terus berkoordinasi dengan kepala sekolah, rekan-rekan guru, maupun peserta didik untuk senantiasa update blog khususnya yang berhubungan dengan konten dan isi posting blog. Kemudian mulai awal tahun 2011 hingga saat ini ketika ada waktu luang saya sempatkan untuk update blog SMPN Satu Atap Sungai Karang walaupun hanya dengan menggunakan koneksi internet GSM / modem handphone.



Alhamdulillah… setelah 2 tahun blog ini aktif, ternyata jumlah pengunjung blog dari hari ke harinya semakin meningkat secara signifikan. Pada saat ini pengguna internet yang mengunjungi blog SMPN Satu Atap Sungai karang berjumlah antara 500 s/d 1000 lebih visitors (pengunjung) dalam setiap harinya. Jumlah ini tentu jauh dari perkiraan kami sebelumnya. Alhasil ini menjadi salah satu motivasi positif bagi admin blog untuk terus memperbaiki tampilan dan isi blog untuk menjadi lebih baik lagi, sehingga akan lebih bermanfaat bukan hanya untuk keluarga besar SMPN Satu Atap Sungai Karang namun juga bagi pengguna internet secara umum.



Selanjutnya melalui tulisan ini, saya selaku admin blog SMPN Satu Atap Sungai Karang mengucapkan terimakasih yang sebesarnya-besarnya atas segala bentuk dukungannya terhadap blog sekolah ini, di antaranya kepada:



1.     Bapak Triyatna (Kabid Dikdas Dikbudpora Kabupaten Tebo)

2.     Bapak Supriadi, S.Pd (Kepala UPTD Dibudpora Kecamatan VII Koto Ilir)

3.     Bapak Muhammad Zuhri (Mantan Kepala SMPN Satu Atap Sungai Karang)

4.     Ibu Mulyani AM, S.Pd.SD (Kepala SMPN Satu Atap Sungai Karang)

5.     Bapak-Ibu Guru SMPN Satu Atap Sungai Karang (Bpk. Sunoto, S.Pd., Bpk. M. Saman, A.Md., Bpk. Suanto Ramadhan, Ibu Eni Sri Rahayu)

6.     Dewan Komite Sekolah

7.     Wali Murid SMPN Satu Atap Sungai Karang

8.     Siswa-siswi SMPN Satu Atap Sungai Karang

9.     Seluruh pengunjung blog serta berbagai pihak/kalangan yang telah menyumbangkan saran dan ide kreatifnya untuk kemajuan blog maupun kemajuan sekolah baik melalui komentar blog, facebook ataupun melalui email sekolah.


Akhirnya dengan penuh kerendahan hati, admin mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada konten ataupun isi blog yang kurang berkenan ataupun kurang bermanfaat bagi para pengunjung. Selain itu admin mengharapkan kritik maupun saran positif dari berbagai pihak agar ke depan segalanya menjadi lebih baik lagi tentunya. Salam Edukasi .... (djsn)

Post a Comment

 
Top