TANYA-JAWAB TENTANG PENDATAAN PENDIDIKAN DASAR TAHUN 2012
1. Apa yang melandasi sistem pendataan pendidikan
dasar ini?
a. Terbitnya instruksi
menteri no.2 Tahun 2011 Tentang Pelaksanaan Pendataan di lingkungan Kemdikbud
b. Permendiknas no.51
Tahun 2011 tentang petunjuk teknis penggunaan dana BOS
2. Untuk apa pendataan ini?
a.
Untuk
memenuhi seluruh kebutuhan data Kemdikbud sebagai dasar perencanaan dalam
pelaksanaan program yang bersifat transaksional dengan Daerah maupun langsung
dengan sekolah dan seluruh entitas data Pendidikan seperti : Penyaluran dana
BOS, Rehab, Tunjangan Guru, Subsidi siswa miskin.
3. Apa manfaatnya bagi sekolah ?
a. Dalam aplikasi sudah
tersedia fasilitas untuk membuat profil sekolah dan asbsensi kelas
b. Data sekolah yang
terupdate dapat dikenali langsung oleh pusat akan kebutuhan dan kondisinya
c. Untuk PTK,
terfasilitasi sistem updating data setiap ada perubahan yang terjadi pada
masing-masing individu PTK
d. Alokasi anggaran BOS
berdasarkan basis data yang dikirimkan oleh sekolah
e. untuk Siswa akan
mudah dikenali keadaan dan kebutuhannya (prestasi, beasiswa, subsidi, dll)
f. Sekolah yang tidak
melakukan pendataan individual inI kemungkinan tidak teridentifikasi untuk
penyaluran program-program pendidikan
yang digulirkan oleh Kemdikbud
4. Apa manfaatnya
bagi Dinas Pendidikan Provinsi/Kab/Kota ?
a.
Bagian
dari Tupoksi yang bersinergi dengan program-program Kemdikbud
b.
Profil
Pendidikan Prov/Kab/kota yang memiliki akurasi tinggi dengan berbasiskan data
individual
c.
*)Sedang
dibangun sistem pemanfaatannya agar dinas Pendididkan Kab/kota dapat merasakan
pemanfaatannya secara langsung
PETUNJUK
TEKNIS BAGI SEKOLAH
1. Bagaimana cara
memulai pendataan di sekolah?
a. Unduh formulir
pendataan beserta petunjuk pengisiannya
b. Fotocopy formulir
tersebut sebanyak Siswa (F-PD), PTK (F-PTK) dan sekolah (F-SEK)
c. Distribusikan ke
masing-masing, jika memungkinkan pihak sekolah mengadakan pertemuan panduan
pengisian formulir secara bersama
d. Formulir diisi secara
manual (tulisan tangan) diisi secara lengkap, benar dan valid
e. Formulir pendataan
yang sudah terisi dikumpulkan secara kolektif di sekolah masing-masing
f. Diperiksa kebenaran
isi secara umum oleh pihak sekolah
g. Diinputkan ke dalam
aplikasi pendataan
h. Dikirimkan melalui
aplikasi pendataan yang terkoneksi internet
2. Bagaimana dengan nomor-nomor pendataan yang
sudah ada sebelumnya (NPSN, NSS, NUPTK, NISN, dll) ?
a. Aplikasi sudah
bersifat prefilled (terisi sebagian) sudah ada nomor NPSN, NSS, NUPTK
b. Jika ada data yang
keliru di update dengan data yang benar
c. NPSN, NSS, WAJIB
diisi bagi sekolah yang MEMILIKI, bagi
yang belum di KOSONGKAN
d. NISN WAJIB diisi bagi
SISWA yang MEMILIKI bagi yang belum di KOSONGKAN
e. NUPTK WAJIB diisi
bagi PTK yang MEMILIKI bagi yang belum diKOSONGKAN
3. Kapan di mulai
pendataan?
a. Dimulai dari sekarang
dan berakhir pada bulan september 2012, sebagai data pengajuan anggaran BOS
2013
b. Ketika penerimaan
siswa baru (juni-juli) tinggal updating data siswa baru dan siswa yang naik
kelas
4. Bagaimana cara
mempelajari aplikasinya?
a.
Baca
manual aplikasi nya,
b.
Lihat
video tutorialnya
c.
Tanyakan
ke helpdesk online kami atau ke KKDATADIK DINAS PENDIDIKAN KABKOTA setempat
5. Bagaimana
pendanaannya?
a. Baca petunjuk teknis pendataan
bagi sekolah, contoh perhitungannya ada didalamnya
b. Anggaran koneksi
internet, dll dianggarkan di dalam dana BOS
6. Diprogram lain seperti rehab, siswa miskin,
dll sekolah kami mendapat formulir yang sama, bagaimana penjelasannya?
a.
Betul,
pendataan bersifat satu pintu untuk semua pelaksanaan program
b.
Aplikasi
dan formulirnya menggunakan aplikasi pendataan pendidikan dasar
c.
Semua
pendataan melekat pada seluruh pelaksanaan program kemdikbud
PETUNJUK
TEKNIS APLIKASI
PASTIKAN anda telah membaca dan
memahami Manual Aplikasi Pendataan dan lihat Video Tutorial Aplikasi Pendataan
Desktop
1. Bagaimana cara
penginstalan aplikasi pendataan ini ?
a. Jika mendapatkan DVD
b. Masukan DVD, pilih Menu
Aplikasi Pendataan. Kemudian pilih setup.exe
c. Install hingga
selesai
d. JIka
Mendownload/mengcopy dari Kabupaten/Kota
e. Pilih setup.exe
f. Install hingga
selesai
g. Setelah selesai
installasi, maka silahkan isi Nama Lengkap, Email, Password dan Kode Registrasi
Sekolah
h. Setelah registrasi
berhasil, maka di dalam aplikasi terdapat data awal Sekolah dan data awal PTK
yang bersangkutan.
2. Mengapa
penginstallan aplikasi gagal di lakukan ?
Kasus 1 :
a. Karena sudah
terinstall aplikasi versi lama. Pastikan sebelum install aplikasi baru,
aplikasi sebelumnya harus berhasil di uninstall.
b. Uninstall Aplikasi
Adobe Air
c. Hapus Folder di
C:Program Files Aplikasi Pendataan
a. Untuk Windows 7 dan
Vista
b. Hapus C:Users:[user
yang dipakai]:AppData: Roaming:id.go.kemdikbud.dikdas.pendataan.desktop
f. Untuk Windows XP
c. Hapus C:Documents and
Settings[user yang dipakai]-Application
Data-id.go.kemdikbud.dikdas.pendataan.desktop
g. Baru kemudian install
aplikasi yang baru (versi 1.0.12)
Kasus 2 :
Biasanya kegagalan
aplikasi terjadi di beberapa kasus :
a.
Sudah terinstal
aplikasi pendataan sebelumnya.
Solusi : uninstall terlebih dahulu aplikasi yang
existing, hapus folder c:aplikasi pendataan install kembali aplikasi
b.
Menggunakan kode registrasi
kkdatdik dalam keadaan offline.
Solusi : jika menggunakan koderegistrasi kkdatadik
sebaiknya dalam keadaan online, catatan penting aplikasi dengan menggunakan
koderegistrasi kk-datadik hanya untuk upload data sekolah tidak untuk mengentri
data
c.
Menggunakan OS XP
dibawah 64 bit.
Solusi : uninstall aplikasi tersebut hapus folder
c:aplikasi pendataan install kembali aplikasi jika masih gagal/tidak bisa di
uninstall hapus langsung foder c:aplikasi pendataan
d.
Diblock oleh anti virus.
Solusi : pastikan antivirus di koputer anda dalam keadaan
tidak aktif, matikan fungsi antivirus kalau perlu uninstall antivirus tersebut
e.
Salah kode registrasi.
Solusi : pastikan kode registrasi itu sesuai yang tertera
di daftar kami, sebaiknya copy paste saja, khawatir salah ketik, sebab sering
tertukar antara 0 dengan o (nol dengan huruf o)
3. Mengapa kode registrasi perlu dan bagaimana
cara mendapatkannya ?
a. Kode registrasi
sebagai prasyarat untuk dapat masuk kedalam aplikasi pendataan dikdas.
b. Cara mendapatkannya :
c. Akan dikirimkan paket
DVD ke sekolah masing-masing; atau
d. Silahkan hubungi
KK-DATADIK Kab/Kota setempat untuk mendapatkan kode registrasi sekolah.
4. Apakah sama aplikasi pendataan sekolah yang
satu dengan sekolah yang lainnya ?
a. SAMA, yang membedakan
hanyalah kode registrasi sekolah masing-masing
5. Kenapa ketika kita log out kemudian kita log
in kembali data yg tersimpan tiba-tiba hilang?
a. Kemungkinan aplikasi
masih menggunakan versi lama (dibawah atau sama dengan v.1.0.11) gunakanlah
versi v.1.0.12
b. Ketika menginput
data, data yang dimasukan invalid (tidak benar). Sehingga data yang diinput
setelahnya tidak akan tersimpan. Dan ketika muncul windows peringatan data
invalid, maka segera diperbaiki karena system tidak akan menyimpan data sebelum
data di perbaiki
6. Saya sudah mengentry data pada komputer yang
tidak terkoneksi internet. Kemudian saya ingin mengirimkan ke dalam server
pendataan, bagaimana caranya?
a. Silahkan “Simpan
Lokal”
b. Kemudian bawa file
hasil simpan lokal tersebut ke komputer yang terhubung dengan koneksi internet
c. Install Aplikasi
Desktop di komputer tersebut
d. Klik “Restore”, cari
file yang sebelumnya. Maka aplikasi akan menutup dengan sendirinya
e. Silahkan masuk
kembali ke dalam aplikasi, dan klik tombol “Kirim Server” untuk mengirimkan
data ke server pendataan. Hingga progress bar tercapai 100%
7. Bagaimana memastikan bahwa data yang telah
saya kirim masuk ke dalam system?
a. Silahkan lihat di
http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id untuk progress pengiriman tingkat
sekolah.
b. Pilih propinsi,
kabupaten/kota, kecamatan dan cari “status pengiriman“ data sekolah anda.
c. Untuk melihat “status
data”, paling lama tunggu 1x24 jam apakah data tersebut
d. Belum di proses
(default)
e. Berhasil di proses
(1x24 jam)
f. Gagal di proses (1x24
jam)
8. Apakah setiap melakukan input data di
komputer/ di laptop harus terhubung ke internet?
a. Tidak harus. Di
aplikasi pendataan ini kami sediakan fasilitas simpan lokal tujuannya ketika
kita ingin meng-input data namun tidak ada koneksi internet maka kita bisa di
simpan lokal dahulu dan ketika telah telah tersambung maka bisa langsung kirim
ke server.
9. Jika saya ada pertanyaan dan kendala dalam
penggunaan aplikasi pendataan. Siapa yang harus saya hubungi ?
a. KK-Datadik
Propinsi/Kabupaten/Kota setempat
b. Chat dengan Technical
Support Pendataan.
c. Telepon CS kami
Website
: http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
email
: infopendataan.dikdas@gmail.com
Contact Person:
Ø
Shandy : (085860092216)
Ø
Hasan : (085721511354
Ø
Yusuf : (085880745015)
Ø
Alfi : (085694496800)
Ø
Arfan : (081384640290)
Ø
Dimas : (081913204343)
Ø
Faisal
Uje : (085720003549)
Ø
Kholid : (08997162884)
Technical Support:
·
Customer
services 1 : (YM: infopendataan_cs1@yahoo.co.id)
·
Customer
services 2 : (YM: infopendataan_cs2@yahoo.co.id)
·
Customer
services 3 : (YM: infopendataan_cs3@yahoo.co.id)
·
Customer
services 4 : (YM: infopendataan_cs4@yahoo.co.id)
·
Customer
services 5 : (YM: infopendataan_cs5@yahoo.co.id)
·
Shandy : (Skype:
shandy_aprilianto)
·
Elan : (YM:
el_pitak, Skype: elan.hermawan)
·
Henry : (YM:
ryu354, Skype: ryu354)
·
Ilham :
(YM: ilham_hambali, Skype:
ilham_hambali23)
·
Hasan :
(YM: has_it2, Skype: hasanc354)
·
Indra : (YM: drawhy, Skype : drawhy)
·
Edwin :
(YM: edwinjuanda, Skype : edwinjuanda)
·
Donny : (YM:
donny_fauzan, Skype : zaunaf)
10. Saya sudah pernah mengentry data dengan
menggunakan aplikasi versi 2011, bagaimana cara menggunakan aplikasi versi
2012?
a. Konversikan database
yang pernah dientry dengan aplikasi 2011 dengan link :
pendataan.dikdas.kemdiknas.go.id/konversi.php
b. Restore database
dengan menggunakan aplikasi 2012, update data terbaru sekolah anda, klik
validasi trasi sekolah terlebih dahulu, kemudian kirimkan ke server
11. Sekolah saya memiliki lebih dari satu kode
registrasi sekolah, kode registrasi mana digunakan?
a. Ambil kode registrasi
yang memiliki PTK terbanyak, karena kemungkinan hasil pembersihan data sekolah
anda memiliki lebih dari satu akun data.
b. Konsisten dengan
menggunakan kode tersebut, abaikan kode sekolah yang kembar lainnya.
12. Bagaimana cara
mendapatkan koderigstasi sekolah dan dboffline nya?
a. Silahkan hubungi
customer service/helpdesk kami
b. Tanyakan ke KK-DATADIK
Kab/kota di wilayah kerja saudara
13. Data yang sudah
di entry hilang, setelah aplikasi ditutup?
Masalah
yang sering terjadi adalah data yang sudah dientry ke dalam aplikasi hilang:
1. Data yang di entrykan
ke dalam aplikasi belum valid, untuk memastikannya, silakan tambahkan 1 field
lagi untuk mensave data hasil inputan
2. Ada flag merah di sisi
kanan atas data hasil entry itu menunjukkan data belum dapat disimpan dalam
aplikasi
3. Refresh akan
menghilangkan data yang sudah bapak entry jika data yang diisikan belum valid.
4. Tekan enter untuk
masuk ke record kedua, maka akan terlihat peringatan dari sistem jika ada data
yang belum valid, betulkan data tersebut, jika tidak data yang sudah diisikan
tidak akan tersimpan / hilang
5. Pastikan tidak ada
tanda flag merah sebelum keluar dari aplikasi
6. Tekan enter atau
tambah data kosong untuk memastikan inputan bapak tersimpan kemudian refresh.
7. Back up data yang
sudah dientry ke dalam simpan lokal.
14. Dalam aplikasi tersedia fasilitas export import
excell, bagaimana cara menggunakannya?
Dalam
aplikasi tersedia fasilitas export dan import kedalam format excell, dengan
penjelasan sebagai berikut :
Tujuan:
1. Untuk memfasilitasi
data yang biasanya sudah tersedia di dalam masing-masing sekolah sehingga tidak
perlu menuliskan ulang satu persatu data yang sudah dimiliki oleh sekolah
seperti nama siswa, NISN, Tempat lahir, tanggal lahir, dll, sesuai data yang dimiliki
sekolah sehingga sekolah cukup copy-paste saja dari data yang sudahdimiliki
sekolah sebelumnya.
2. Memudahkan untuk
mengentry data kedalam format excell (bagi yang familiar).
Aturan :
1. Setting terlebih
dahulu regional komputer anda ke dalam settingan waktu indonesia, dengan cara: Start-
Control Panel- Clock, Language and Region pilih format INDONESIA
2. Excell (.xls dan
.csv) hasil export dan import hanya dapat digunakan "SATU KALI PAKAI".
hapus 2 file tersebut setelah digunakan, untuk mengentri kembali data ke dalam
excell harus dimulai dari export dari aplikasi.
3. Data yang masuk hasil
import ke dalam aplikasi akan menimpa seluruh nya data yang ada di panel siswa
jika mengimport ke dalam panel siswa, atau PTK jika mengimport ke dalam panel
PTK
4. ENTRY data ke dalam
bentuk excel hanya sesuai dengan format hasil export dari aplikasi, yang berisi
angka-angka atau kode
5. Hanya untuk keperluan
entry data primer Siswa dan PTK saja, sedangkan untuk entry data rinciannya
masing-masing PTK tetap didalam aplikasi
6. Ikuti cara inputan
sesuai dengan contoh record/isian data pertama
Cara:
1. Isikan lebih dahulu
satu "record" isian secara lengkap siswa
2. Pilih tab export
excell, simpan dalam direktori dalam bentuk excell (.xls atau .xlsx)
3. Buka file tersebut
dan entry data ke dalam file tersebut dengan format isian seperti contoh isian
paling atas hasil entryan dari aplikasi
4. Dapat dilakukan copy
paste dari data yang dimiliki sekolah, ke dalam excell tersebut sehingga
mengurangi beban entrian sesuai dengan kolom yang ada (misal sekolah sudah
memiliki file excell nama-nama siswa, NISN, nama PTK, dll)
5. Setelah selesai entry
data simpan file tsb dalam format.csv (save as - pilih format: csv/comma
delimited)
6. Import ke dalam
aplikasi file .csv tersebut, maka data yang anda entry dalam file excell akan
masuk ke dalam aplikasi dan menimpa data seblumnya.
7. Hapus file excell
baik .xls maupun .csv nya, jika anda ingin menambahkan data lagi, export lagi
melalui aplikasi dan lakukan langkah-langkah seperti di atas .
8. Atau anda dapat
melanjutkan entry data didalam aplikasi nya
9. INGAT file .xls dan
.csv hanya di gunakan satu kali pakai, setelah selesai export - import HAPUS
file tsb
10. Fasilitas ini
digunakan jika anda ingin mengentri data dalam bentuk excell dengan tujuan
dapat mencopy-pastekan data yang sudah tersedia di sekolah sebelumnya
Catatan Penting
Export Import :
1. Fasilitas export dan
import dapat digunakan dengan syarat panel rincian tidak diisi terlebih dahulu
ketika mau export/import, panel rincian diisi ketika selesai export dan import
karena jika tidak akan mengakibatkan data INVALID
Singkatnya isikan
data rincian ketika selesai menggunakan fasilitas export import.
15. Dapatkah pekerjaan entry data pada satu
sekolah dikerjakan oleh lebih dari 1 orang?
Ya
dapat, dengan menggunakan fasilitas entry data dalam format excel (hasil export)
membagi beban entry ke beberapa orang kemudian disatukan dalam 1 sheet excell
(copy-paste) untuk di import kan kembali kedalam aplikasi.
Entry
data bersama-sama tidak dapat lakukan dalam aplikasi tapi menggunakan fasilitas
export-import dalam excel. Perhatikan rule aplikasi "export import"
16. Dapatkah 1
komputer digunakan untuk mengentri data lebih dari 1 sekolah?
Ya
dapat, dengan cara merubah/rename “folder data” di C:\\Aplikasi Pendataan
dengan nama sekolah yang telah dientry. Lalu buka kembali aplikasi pendataan
maka sistem akan kembali menanyakan kode registrasi dekolah yang akan dientry
lagi.
Untuk
mengaktifkan kembali data base atau aplikasi sekolah yang sebelumnya “rename”
folder tersebut menjadi data. Dengan demikian folder data adalah menunjukkan
sekolah yang aktif di dalam aplikasi.
Post a Comment