0
KEMDIKBUD SELENGGARAKAN ANUGERAH KEKAYAAN INTELEKTUAL LUAR BIASA (AKIL)

Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa (AKIL)
Jakarta – Dalam rangka memacu kreativitas para dosen , peneliti, dan masyarakat untuk menghasilkan karya intelektual terbaik sebagai sumber penggerak ekonomi yang tak pernah habis, di tahun 2012 ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali menyelenggarakan pemberian Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa (AKIL) untuk yang ketiga kalinya. Kegiatan ini didukung oleh Kementerian Kukum dan HAM, Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.


Anugerah kepada dosen, peneliti, dan masyarakat yang menghasilkan kekayaan intelektual luar biasa ini merupakan kegiatan rintisan yang mulai dicetuskan oleh Depdiknas pada tahun 2009. Kegiatan ini selain untuk meningkatkan motivasi para dosen, peneliti, dan masyarakat untuk terus berkarya bagi bangsa dan negara,pun diharapkan juga agar dapat memberikan apresiasi atas invensi serta kreasi pada bidang teknologi, ilmu pengetahuan, varietas tanaman, dan industri kreatif dengan keterbatasan yang ada.



Selaras dengan tema hari kekayaan intelektual pada tahun ini "Menjadi Inovator Kelas Dunia", program pemberian AKIL merupakan sebuah ajang yang tepat untuk mengaktualisasikan harapan dan perekonomian, menyelesaikan masalah dalam masyarakat yang terkait dengan lingkungan dan atau memperkuat bidang ilmu pengetahuan yang dapat memotivasi para penghasil kekayaan agar terus konsisten dengan keahliannya untuk menciptakan atau menghasilkan inovasi sehingga dapat berkontribusi pada tumbuhnya industri baru dan meningkatkan daya saing perekonomian nasional.



Penerima AKIL adalah mereka yang lolos seleksi dari Penilaian yang dilakukan olaeh Tim Penilai independen yang melibatkan unsur pemerintah, asosiasi, pengusaha, dan akademisi yang ditetapkan oleh Mendikbud penilaian berpedoman pada Kategori Teknologi (Penghasil Paten); Kategori Varietas Tanaman (penghasil PVT); Kategori Ilmu Pengetahuan (penghasil Hak Cipta); dan Kategori industri Kreatif. Tahun ini disediakan 15 pemenang untuk 4 kategori setiap pemenang akan diberi Piagam Penghargaan dan uang tunai sebesar Rp. 250.000.000(dua ratus lima puluh juta) sudah termasuk pajak.



Pendaftaran ditutup pada tanggal 2 Juli 2012 Pengumuman calon pemenang akan disampaikan pada tanggal 20 Juli 2012 melalui laman www.anugerahkekayaanintelektual.com dan pada tanggal 17 Oktober 2012 rencananya akan dilakasanakan pemberian anugerah oleh kementerian terkait.





Sumber : KEMDIKBUD RI



Post a Comment

 
Top