.

CARA PEMBUATAN NUPTK ONLINE TAHUN 2012

CARA MEMBUAT NUPTK ONLINE 2012
(Apa itu NUPTK?, Aktivasi akun NUPTK, Prosedur Pengajuan Akun NUPTK, Hak Akses Akun NUPTK)

Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), dikirim oleh : wsd

NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) adalah nomor identitas yang bersifat nasional untuk seluruh PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan). NUPTK terdiri dari 16 angka yang bersifat tetap karena NUPTK yang dimiliki seorang PTK tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar atau terjadi perubahan data periwayatan.



NUPTK diberikan kepada seluruh PTK baik PNS maupun Non-PNS sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengna pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan.



Manfaat untuk tenaga pendidik yang memiki NUPTK adalah:



-     Berpartisipasi dalam sebuah proses/mekanisme pendataan secara nasional sehingga dapat membantu pemerintah dalam merencanakan berbagai program peningkatan kesejahteraan bagi tenaga pendidik.

-     Mendapatkan nomor identifikasi resmi dan bersifat resmi dan bersifat nasional dalam mengikuti berbagai program/kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat/daerah.


A. HAK AKSES NUPTK

Fasilitas hak akses NUPTK disediakan khusus bagi sekolah-sekolah yang berminat untuk melakukan pengelolaan Data NUPTK secara mandiri dan langsung online. Sekolah yang telah aktif terdaftar memiliki hak akses Data NUPTK akan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap keabsahan dan kelengkapan data sesuai ketentuan  pengguna yang ditetapkan.
Fasilitas akses Data NUPTK yang diberikan kepada pihak sekolah, meliputi :

1.     Pengajuan NUPTK baru

-        Pihak sekolah dapat melakukan proses pengajuan Data PTK secara On-Line.

-        Data Pengajuan dinyatakan Valid setelah Berkas PTK (Hard Copy) di serahkan dan  diterima Operator Pendataan NUPTK Kab./Kota melalui POS atau Langsung kepada  Operator Pendataan NUPTK Dinas Pendidikan Kab./Kota.

-        Pihak sekolah dapat melakukan proses pemutakhiran Data NUPTK baik perbaikan/ perubahan data NUPTK secara online.

-        Pemutakhiran yang dimaksud meliputi : Biodata PTK, Tempat Tugas, Riwayat  Pendidikan, Riwayat Keluarga, dll. kelulusan siswa.

2.     Pemutakhiran data NUPTK

3.     Pemutahiran data sekolah

-        Pihak sekolah dapat melakukan proses pemutakhiran (update) baik perbaikan/ perubahan data sekolah yang disediakan secara langsung online.

-        Pemutakhiran yang dimaksud, meliputi : Nama Sekolah, Alamat Lengkap, Status Negeri/ Swasta, Info NSS, dan Data Kepala Sekolah, dll.

B. BAGAIMANA SEKOLAH MENDAPATKAN AKUN NUPTK SEKOLAH ? 

Bagi pihak sekolah yang ingin mendapatkan hak akses HAK AKSES Data NUPTK, Klausul Pengajuan Akun NUPTK, Persyaratan Akun ;

Pengajuan Akun NUPTK

Pastikan Anda memahami dan mematuhi persyaratan pengajuan Akun NUPTK sebagai berikut :

1.     Pihak sekolah yang berhak mengajukan Akun NUPTK adalah Kepala Sekolah atau  perwakilan dari pihak sekolah yang sah, legal dan telah memiliki NUPTK.  Pengelola Pusat dapat membatalkan Akun NUPTK sewaktu -waktu jika terbukti  dengan valid bukan diajukan oleh pihak sekolah yang sah dan legal

2.     Pengajuan Akun NUPTK hanya berlaku satu kali kesempatan untuk setiap sekolah.  Pihak sekolah telah memahami dan menyetujui Ketentuan Layanan berikut:

PERSYARATAN & KETENTUAN LAYANAN PENGGUNAAN AKUN NUPTK

KETENTUAN PENGGUNAAN AKUN NUPTK  :



1.     Untuk menggunakan layanan Operator NUPTK tingkat Sekolah,Pengguna akan diberikan sebuah akun tertentu sesuai dengan prosedur yang berlaku.

2.     Pengguna dilarang menggunakan akun milik pihak lain tanpa izin.

3.     Pengelola akan mengakhiri akses pengguna layanan Operator NUPTK tingkat Sekolah bila menurut pertimbangan Pengelola Pusat bahwa Pengguna telah melanggar Persyaratan Penggunaaan.

4.     Saat melakukan proses permintaan dan aktifasi akun, anda harus memberikan informasi yang lengkap dan akurat. Pengguna  secara sendiri bertanggung jawab atas aktivitas yang dilakukan akun miliknya dan berkewajiban mengamankan kata sandi yang dimilikinya.

5.     Pengguna berkewajiban segera melaporkan kepada Pengelola Pusat,apabila terjadi penyimpangan keamanan atau penggunaan tanpa izin atas akun anda.

6.     Pengelola Pusat tidak dapat dimintakan  pertanggungjawaban atas kerugian akibat penggunaan akun Pengguna oleh pihak yang tidak berwenang.

7.     Pengguna bertanggung jawab penuh atas kerugian akibat penggunaan akun Pengguna oleh pihak yang tidak berwenang.



PENGHAPUSAN/PENONAKTIFAN AKUN NUPTK :



Pengguna sepakat bahwa Pengelola Pusat dalam keadaan tertentu dengan  pemberitahuan terlebih dahulu melalui e-mail/surat/media ataupun pada situs ini dapat dengan segera mengakhiri akun yang diberikan kepada Pengguna,dan layanan akses yang terkait dengan akun tersebut dengan alasan tapi tidak terbatas pada :

·           Permintaan dari penegak hukum atau badan pemerintah lainnya

·           Permintaan Anda (penghapusan akun berdasarkan kehendak sendiri)

·           Tidak dilanjutkannya atau ada perubahan materi dari Layanan (atau bagian daripadanya)

·           Masalah teknis,masalah keamanan atau gangguan lain yang tidak terduga sebelumnya

·           Keterlibatan Anda dalam tindakan penipuan/perbuatan curang atau tindakan ilegal lainnya.



Selanjutnya,Pengguna setuju bahwa semua pengakhiran akan dilakukan sepenuhnya atas pertimbangan Pengelola Pusat dan bahwa Pengelola Pusat tidak bertanggung jawab kepada Pengguna ataupun pihak ketiga atas pemutusan akun Anda atau akses ke Layanan.



PERUBAHAN ATURAN :



Pengelola dapat memperbaiki,menambah,atau mengurangi ketentuan ini setiap saat,dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Seluruh Pengguna terikat dan tunduk kepada ketentuan yang telah diperbaiki/ditambah/dikurangi.



Kemudian centang (√) pada pernyataan : “Saya Paham dan Setuju dengan Persyaratan & Ketentuan Layanan  Penggunaan AKUN NUPTK.”



Selanjutnya klik Submit (Daftar).

Berikut link tentang NUPTK Online :








28 comments:

  1. maaf sebelumnya sy ingin mendaftar dan login untuk mendapatkan akun sekolah namun sekolah yang dibina tdk ada dalam daftar.
    gimana caranya agar sekolah dapat terdaftar????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf juga kami sejauh ini belum mengetahuinya, seperti sekolah kami juga telah kami cek dengan memasukkan NPSN sekolah pada Pengaduan tentang validitas data sekolah di http://nuptk.kemdikbud.go.id nama sekolah kami ada, akan tetapi setelah kami coba login untuk mendapatkan akun sekolah ternyata sekolah kami juga belum ada. Untuk lebih jelasnya silahkan konfirmasi pada Dinas Pendidikan di daerah anda . Terimakasih...

      Delete
  2. assalamualaikum, maaf kenapa NUPTK yang kami ajukan tidak keluar ? sedangkan teman-teman yang lain pada keluar semua?

    ReplyDelete
  3. Mohammad Saheri4 July 2012 17:12

    saya udh isi form pengajuan akun, kemudian mau diajukan kemana???? tolong dibalas

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. saya ingin mengajukan akun nuptk . tapi ketika saya ingin mengisi nomer npsn sekolah malah tidak bisa

    ReplyDelete
  6. Apa sih manteranya, kok AKUN NUPTK-nya tidak dapat dianjukan...!

    ReplyDelete
  7. Web tersebut memang sampai sekarang belum bisa digunakan.

    ReplyDelete
  8. WEB abal-abal tu ..
    Haddooohhhh
    INDONESIA RAYA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ke depannya NUPTK untuk guru dan tenaga kependidikan semakin mendapatkan perhatian lebih dari seluruh pihak yang berkaitan dengan penerbitan NUPTK. Amin...

      Delete
  9. MALAS YANG KELOLA NUPTK....MENTERI PENDIDIKAN BIARKAN SAJA BAWAHANNYA DAK KERJA....

    ReplyDelete
  10. Ass... Sya sdh 4 kali mengajukan data NUPTK melalui instansi kerja saya ( kirim ke UPT ), tp smpe skrg g ada yang brhasil. Yg keempat kalinya data sya sdh ada di NUPTK web browser, tp No NUPTK nya tdk ada. Sya hrs bgmn / Ngurus kmn??

    ReplyDelete
  11. NUPTK gak jelas, petugas malas

    ReplyDelete
  12. saya sudah ngurus NUPTK dan mbayar pada broker alias sang ketua IGKTI, walhasil tidak keluar karena dananya dimakan sendiri oleh ketua IGKTI Bangsalsari
    kwualaaat loh....

    ReplyDelete
  13. saya sudah mengajukan akun nuptk tetapi pada status akun ternyata akun saya belumm aktif gmn tuh?

    ReplyDelete
  14. Kemeterian Pendidikan terutama yg ngurus NUPTK ga becus kerja kasihan para pendidik dan tenaga kependidikan yg sampai skrg belum mendapatkan NUPTK yg menjadi haknya.karena tdk bisa mndapatkan program2 yg di tawarkan menteri pendidikan pdadahal mereka sdh cukup lama mengabdi termasuk saya, kalau begini pendidikan di Indonesia tidak akan maju malah tambah bobrok. salam INDONESIA RAYA

    ReplyDelete
  15. NURMANSYAH ASOFI11 February 2013 19:58

    Kenapa NUPTK ngga juga keluar...pdhal udh mengajar lebih dari 4 tahun

    ReplyDelete
  16. saya juga sudah 6 tahun sampai sekarang juga belum mendapatkan NUPTK.

    ReplyDelete
  17. Salamm............ bagaimana caranya membuat blog seperti ini???

    ReplyDelete
  18. Jika anda ingin membuat tampilan blog seperti ini silahkan kirimkan alamat email anda ke akun FB admin blog, insya Allaah template lengkap dari blog ini akan segera dikirimkan ke anda, tinggal edit pada bagian-bagian tertentu saja nantinya... Terimakasih...

    Salam Edukasi...


    ReplyDelete
  19. Saya sudah 3 kali mengajukan NUPTK tp sampai sekarang tidak ada hasil...

    ReplyDelete
  20. saya sangat tertarik dengan blog SMP Negeri 1 Sungai Karang, saya ingin membuat blog seperti blok seperti ini saya sudah mengirimkan imel sekolah saya ke imel akun FB, sy sngat mengharapkan bantuan bapak untuk membuat templete sekolah sy, Trims...

    ReplyDelete
  21. imel sekolah saya : sdmmasehimburukulu@gmail.com sya sangat mengaharapkan bantuan admin SMP Satap N 1 Sungai Karanga untuk membuat templet blog sklahku,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok Pak... File template lengkap blog SMPN Satu Atap Sungai Karang untuk tampilan web terupdate 16 April 2013 telah kami kirimkan ke email anda di sdmmasehimburukulu@gmail.com. Semoga SD Masehi Mburukulu di Sumba Timur / Waingapu, Nusa Tenggara Timur semakin sukses. Aamiin...
      Terimakasih... Salam Edukasi...

      Delete
  22. Mohon jawaban apakah mengajukan NUPTK harus ada biayanya?

    ReplyDelete
  23. mbksya mau buat nuptk mlalui online gmna cranya kog susah ya??????

    ReplyDelete