METODE PEMBELAJARAN TERBARU TAHUN 2013 “EKSTRIM”
(Elaboratif, Konstruktif, Santun, Tegas, Rasional, Inspiratif, dan Modern)
Penulis: Dadang Juara SN, S.Pd
Sebagai seorang guru dipastikan kita sering menjumpai
berbagai fenomena nyata khususnya pada keadaan peserta didik kita baik dalam
hal kerajinan, kedisiplinan, etika, dan minat belajar mereka. Dari berbagai
fenomena yang kompleks tersebut, seorang guru pun dituntut memiliki metode
pembelajaran yang kompleks pula, kompleks dalam arti memiliki banyak cara,
banyak inisiatif, banyak alternatif yang bersifat kreatif dan inovatif, selain
itu seorang guru harus banyak bersabar pada muridnya untuk mengulang materi,
menjelaskan ulang, membimbing mereka, sehingga mereka nantinya selain menjadi
menjadi manusia yang berkualitas mereka juga mempunyai karakter yang baik,
matang serta stabil.
Terlebih lagi pada era globalisasi seperti sekarang ini
guru harus banyak belajar untuk selalu mengembangkan kemampuannya dalam upaya
meningkatkan kualitas maupun efektifitas pembelajaran, peningkatan SDM guru ini
perlu terus-menerus dilakukan akibat dampak dari kemajuan teknologi informasi
dan komunikasi yang berkembang cepat ini.
Teknik mengajar yang baik dan benar bagi seorang guru
merupakan hal yang sangat vital dalam menentukan efektif tidaknya sebuah
pembelajaran. Alhasil seorang guru harus selalu berevolusi, dinamis dan terbuka
dalam menerima hal yang baru, bukan hanya aktif dalam mengembangkan
kemampuannya, namun juga proaktif dalam menyikapi setiap fenomena yang
cenderung fluktuatif dan dinamis khususnya dalam dunia pendidikan sekarang ini,
usaha untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas guru tersebut dapat
dilakukan dengan berbagai kegiatan, diantaranya mengikuti kegiatan-kegiatan
maupun program-program yang berkaitan dengan pengembangan diri secara umum
hingga pengembangan terkhusus yang berkaitan dengan peningkatan profesionalitas
kinerja guru, misalnya dengan mengikuti seminar-seminar pendidikan, KKG, MGMP,
browsing di internet dan sebagainya.
Kita semua sependapat bahwa di era kemajuan teknologi
yang telah mendunia ini memiliki dampak dan konsekuensi yang sangat besar dan
kompleks, bagai pisau bermata dua, sisi lain memberikan dampak positif yang
luar biasa namun di sisi lainnya memberikan dampak negatif yang luar biasa
pula. Namun sebelum kita membahas tentang dampak dari kemajuan TIK dunia,
sebelumnya kita lihat apa saja produk yang dihasilkan di era kemajuan ini, yang
kesemuanya itu terlahir dari buah pikiran serta buah tangan dari
manusia-manusia yang unggul, manusia yang tidak berhenti belajar, berani
mencoba dan mencoba lagi pantang menyerah.
Banyak sekali produk dari era kemajuan di zaman teknologi
sekarang ini di antaranya;
1.
Koran
atau media cetak berkembang pesat baik yang konvensional hingga media masa
online,
2.
Televisi
dan radio yang telah mendunia dengan channel yang semakin bertambah dengan
signal yang mudah didapatkan,
3.
Sambungan
telepon atau jaringan telepon seluler pun sudah memasyarakat,
4.
Sistem
komputerisasi telah diaplikasikan dalam berbagai bidang kehidupan,
5.
Banyaknya
inovasi maupun kreativitas baru dalam menghasilkan fasilitas maupun produk
canggih, baik di bidang komunikasi, elektronik, otomotif, robotic, dan lain
sebagainya.
Dari berbagai produk di atas tentu kesemuanya menjanjikan
kemudahan, fleksibilitas, efisiensi, fitur atau fasilitas canggih dan yang
terpenting adalah kualitas yang semakin meningkat dari masa kemasa. Sehingga
pada saat sekarang ini, jarak dan waktu tidak lagi menjadi masalah baik dari
aspek komunikasi hingga transportasi.
Kemudian beberapa hal yang paling berpengaruh di era
globalisasi sekarang selain dari hal-hal yang telah disebutkan di atas yaitu
adanya perkembangan internet yang berkembang pesat, internet atau
interconnection networking adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer
yang saling terhubung, saat ini fasilitas internet dapat dinikmati bukan hanya
di warnet (warung internet) saja, namun layanan ini telah banyak tersedia pada
beberapa jenis handphone yang telah menyediakan fitur untuk koneksi internet
via mobile, dengan adanya modem mobile internal inilah pengguna handphone dapat
langsung “berinternet ria” via mobile internet di hp mereka dengan lebih
fleksibel dan efisien. Selain itu beberapa handphone jenis tertentu dapat
digunakan sebagai modem eksternal untuk koneksi internet baik dari note book,
laptop hingga PC anda tanpa mengganggu lalu lintas panggilan dan pesan yang
masuk ke hp kita.
Layanan internet atau lazim kita sebut dunia maya ini
memberikan banyak manfaat positif bagi guru maupun siswa, di antaranya :
1.
Mudah
untuk menemukan maupun mencari informasi yang ingin kita ketahui dalam waktu
yang relatif singkat, misalnya pencarian web, gambar, audio, video atau pun
file-file dalam format lainnya dengan hanya menuliskan kata kunci pada mesin
pencari (search engine) saja; seperti di google, yahoo ataupun bing.
2.
Sebagai
sarana publikasi yang efektif dan mendunia, karena informasi yang telah kita
publikasikan di internet akan dapat diakses oleh seluruh pengguna internet di
seluruh dunia misalnya;
-
Share
tentang pendidikan melalui jejaring sosial facebook, twiter dll,
-
Sarana
publikasi sekolah, blog atau situs pribadi guru dll. Publikasi sekolah dapat
menggunakan berbagai situs dari hosting berbayar hingga yang gratis seperti
wikipedia, blog ataupun website.
-
Iklan
online, berita online hingga bisnis online.
3.
Penyampaian
laporan-laporan sekolah kepada pihak lain, pengiriman surat atau dokumen dalam
berbagai format baik word, excel, pdf, photo, mp3, video maupun file-file dalam
format lainnya. Pengiriman file ini dapat dilakukan dengan menggunakan
fasilitas surat elektronik atau email seperti : gmail atau pun yahoo mail.
4.
Dapat
mendownload atau mengambil (mengunduh) file dari internet sekaligus dapat
mengupload (mengunggah) file ke internet.
5.
Chating
(bercakap-cakap antar pengguna internet yang sedang online) baik dalam bentuk
tulisan, isyarat, kode, gambar bahkan melalui video streaming dengan gambar
live dan suara layaknya bertemu langsung antar komunikan.
6.
Pengguna
dapat mendengarkan musik, radio, hingga menonton video maupun televisi online
melalui koneksi internet.
7.
Dan
lain-lain.
Dari berbagai manfaat positif dari penggunaan layanan
internet di atas, tentu banyak juga akibat negatif yang ditimbulkan dari
pengguna internet yang salah guna, di antaranya :
1.
Dengan
mudahnya menyebarluaskan informasi, banyak penipuan berawal dari informasi di
internet.
2.
Sebagian
siswa kecanduan game online sehingga menyebabkan kuantitas dan kualitas
belajarnya berkurang.
3.
Kurangnya
peran aktif orang tua dalam memantau anak dalam berhubungan dengan dunia maya
atau internet sehingga banyak tulisan, gambar, video maupun tontonan yang tidak
senonoh dapat mereka konsumsi dengan bebas dan tak terbatas, hal ini
menyebabkan degradasi mental dan merusak pikiran anak secara tajam.
4.
Tindak
kriminalitas seperti penculikan anak, human trafficking (penjualan manusia)
juga sering terjadi disebabkan adanya informasi dan komunikasi antar pengguna
melalui jejaring sosial yang tidak terbatas sekarang ini.
5.
Dan
lain-lain.
Setelah kita membaca uraian singkat tentang plus-minus
internet di atas, tentu kita sebagai guru merasa miris terhadap pergaulan
maupun tingkah laku peserta didik kita khususnya pada sekolah yang berada di
lingkungan kota yang secara umum cenderung lebih kompleks pengaruh dari produk
globalisasi sekarang ini, namun hal ini pun bukanlah hukum yang mutlak lagi,
karena pada akhir-akhir ini pengaruh globalisasi sudah mulai merambah hingga ke
daerah pelosok atau daerah yang jauh dari perkotaan seiring dengan penyebaran
akses telekomunikasi seluler yang semakin luas hingga ke pelosok daerah, tentu
layanan telekomunikasi seluler ini juga menghadirkan layanan akses ke internet
di dalamnya.
Selain internet, produk globalisasi yang dampak positif
dan negatifnya tidak bisa kita anggap remeh adalah televisi, televisi pun
dipastikan hampir setiap rumah memilikinya, dan saat ini televisi bukanlah
barang mewah lagi. Sebagai contoh untuk daerah di lingkungan SMPN Satu Atap
Sungai Karang pun yang notabene belum tersedia jaringan listrik PLN saat ini
pun hampir setiap rumah memiliki televisi yang dapat dioperasikan dengan daya
diesel maupun genset.
Banyak program ataupun acara di televisi yang bagus untuk
pelajar, seperti pada chanel televisi edukasi yang hampir 100% programnya
membahas tentang pendidikan maupun pada program-program di chanel lain yang
pada waktu-waktu tertentu menayangkan program (acara) tentang pendidikan. Di
samping itu televisi juga banyak menayangkan berbagai macam acara yang tidak
sesuai dengan anak, tentu untuk menekan akibat negatif dari tontonan di
televisi ini, orang tualah yang bertanggung jawab penuh dalam membimbing,
mengawasi dan mengontrol anak ketika menonton televisi di rumah.
Hingga saya pun berkesimpulan bagi anak yang kurang
pengarahan, pengawasan atau kontrol, baik dari guru, orang tua bahkan kontrol
yang lebih besar yaitu dari masyarakat, sudah barang tentu akibat dari
penggunaan fasilitas internet, televisi maupun media masa, majalah, media
komunikasi salah guna lainnya yang telah dikonsumsi anak dapat menimbulkan
dampak negatif yang kompleks pada anak. Dampak negatif yang kompleks pada anak
tersebut akan menyebabkan mental bahkan tanpa mereka sadari sedikit demi
sedikit menjelma pada tingkah laku anak, dan jika hal ini terus dibiarkan saya
yakin cepat atau lambat mereka akan menjadi
anak yang “ekstrim”.
Mentalitas ekstrim pada anak dalam artian anak memiliki
paradigma sendiri tentang sikap dan tingkah laku yang salah tapi mereka anggap
benar, pemahaman yang menyimpang tapi mereka anggap benar, dan beberapa bentuk
ekstrimisme-ekstrimisme lainnya yang tentu tidak baik bagi hubungan individu,
keuarga dan sosial mereka hingga akhirnya egoisme yang berlebih yang
mengagungkan kebenaran pribadi menjadi titik puncak akibat adanya mentalitas
ekstrim ini, selanjutnya mentalitas ekstrim ini otomatis akan berimplikasi pula
pada tingkah laku, pola hidup bahkan kebiasaan hidup anak dalam kehidupan
sehari-harinya.
Banyak macam dan peristiwa yang mencerminkan tingkah laku
yang tidak baik namun telah dilakukan oleh beberapa oknum pelajar ini di
antaranya, :
1.
Perkelahian
atau bentrok fisik antar pelajar bahkan antar sekolah.
2.
Anak
tidak sopan terhadap guru bahkan orang tuanya.
3.
Pergaulan
bebas hingga menyebabkan kehamilan pada pelajar.
4.
Materialisme
anak yang berlebih, sehingga mereka menuntut pada orang tuanya untuk mewujudkan
keinginannya itu tanpa mau mengerti keadaan orang tuanya. Salah satu contohnya
anak minta paksa untuk dibelikan motor baru pada orang tua tanpa
mempertimbangan keadaan ekonomi orang tua.
5.
Tidak
ada perhatian terhadap materi yang disampaikan oleh guru saat di dalam kelas.
6.
Dan
lain sebagainya
Sebagai guru yang telah mendapati salah satu sikap yang
ekstrim di atas atau pun sikap ekstrim lain yang mencerminkan tingkah laku yang
tidak baik pada anak atau pun pelajar selayaknya guru harus menerapkan metode
pembelajaran yang tepat, sebab jika guru salah dalam menerapkan metode pembelajaran,
pembimbingan maupun pengarahan pada anak tersebut, maka bukan tidak mungkin
perubahan positif yang diharapkan akan sulit direalisasikan. Hal ini terjadi
akibat tuntutan zaman yang semakin maju pesat dan kompleks ini, kita pun
dituntut untuk menerapkan metode maupun teknik pembelajaran yang terus
berkembang pula. Saat ini metode pembelajaran yang “ekstrim” pulalah yang tepat
untuk anak didik kita, selain sebagai upaya dalam mengatasi
ekstrimisme-ekstrimisme siswa tadi sekaligus sebagai metode dan teknik baru
dalam memperkaya khasanah keilmuan
khususnya dalam aspek pembelajaran yang berusaha menjadikan suasana
pembelajaran yang edukatif yang positif, efektif (berhasil guna) serta
aplikatif.
Metode pembelajaran yang “ekstrim” bukanlah pembelajaran
yang berarti pembelajaran yang keras dan berlebihan, apalagi metode
pembelajaran yang membahayakan...???. Pembelajaran EKSTRIM adalah pembelajaran
yang berusaha memanifestasikan nilai-nilai serta sikap-sikap positif kehidupan
kita sehari-hari dalam proses belajar mengajar di sekolah, nilai-nilai serta
sikap-sikap positif itu antara lain;
Elaboratif. Konstruktif, Santun, Tegas, Rasional, Inspiratif dan Modern.
Guru yang dapat menerapkan pembelajaran EKSTRIM secara
sempurna akan mendapati perubahan yang signifikan khususnya mengenai motivasi
dan kesadaran siswa dalam belajar ikhlas, selanjutnya kesadaran ini akan
mengantar siswa dalam meraih masa depan yang cemerlang.
Penjabaran dari metode pembelajaran maupun teknik
pembelajaran yang Elaboratif. Konstruktif, Santun, Tegas, Rasional, Inspiratif
dan Modern (EKSTRIM) ini dapat saya uraikan secara singkat, sebagai berikut.
1. Elaboratif
Elaboratif merupakan metode pembelajaran yang
mengedepankan kejelasan materi ataupun pembahasan yang disampaikan secara
detail sekaligus rinci. Jadi, dalam penyampaian materi, pemahaman guru harus
optimal atau maksimal terhadap setiap materi atau pembahasan yang disampaikan
kepada peserta didik (siswa).
Secara teknis metode pembelajaran yang elaboratif dapat
dideskripsikan sebagai berikut :
-
Tahap
persiapan, sebelum mengajar lakukan
sharing materi atau pembahasan anda pada guru kelas atau guru bidang studi
lain, mungkin ada beberapa istilah kata ataupun teori yang berhubungan dengan
bidang studi lain yang lebih detail penjelasannya atau mungkin bahkan sudah
pernah disampaikan pada siswa atau kelas yang akan anda bimbing. Hal ini
dilakukan untuk menghindari perbedaan persepsi siswa terhadap guru-gurunya,
jangan sampai antara guru satu dengan guru yang lainnya berbeda pemahaman
terhadap sebuah sub pokok bahasan namun penjelasan guru yang satu dengan yang
lainnya berbeda.
-
Penyampaian
materi disampaikan oleh guru dengan susunan bahasa yang baik dan benar,
intonasi yang tepat, mimik muka serta ekspresi anggota badan maupun tubuh yang
mencerminkan penjiwaan yang sinkron dengan tema bahasan, hal ini jelas akan
memudahkan siswa dalam memahami sebuah bahasan atau materi.
-
Materi
disajikan secara terstruktur dan sistematis.
-
Di
sela-sela penyampaian materi, siswa diijinkan bertanya tanpa harus menunggu
guru selesai menyampaikan materinya. Hal ini dilakukan agar siswa memahami
materi pembahasan secara komprehensif (menyeluruh).
2. Konstruktif
Materi dan pembahasan yang disampaikan harus bersifat
membangun dan baik karena target pendidikan identik dengan perbaikan,
peningkatan SDM secara universal, bukan hanya kegiatan formil semata namun inti
dari seluruh kegiatan pendidikan ini adalah formula kehidupan yang aplikatif
dan efektif dalam mencapai taraf kehidupan yang lebih berkualitas pada siswa
nantinya. seandainya pun menggunakan alat peraga dalam penyampaian materi atau
pembahasan jangan sampai melakukan tindakan destruktif atau merusak di hadapan
siswa.
3. Santun
Nasehat yang terbaik adalah keteladanan, sikap guru yang
santun serta ramah baik di dalam dan di luar sekolah adalah teladan yang baik
bagi siswa dan masyarakat, namun sikap santun kepada siswa di sekolah atau di
kelas bukanlah seperti anak yang menghormati orang tuanya, namun seperti orang
tua yang mau menghargai anak-anaknya, sehingga terciptalah suasana yang
bersahabat dan damai.
Terlebih lagi santun serta menghargai setiap siswa dalam
proses belajar mengajar adalah kunci seorang guru dalam menciptakan suasana
kekeluargaan yang otomatis terciptalah ikatan batin yang positif antara siswa
dengan gurunya seperti dekatnya hubungan perasaan antara anak dengan orang
tuanya, hal ini akan menimbulkan antusiasme dalam belajar yang ikhlas karena
metode pembelajaran yang santun ini sasarannya adalah membuka hati dan perasaan
siswa untuk menerima hal-hal baru secara sadar dan ikhlas, untuk selanjutnya
ketenangan hati itulah yang akan merefresh otak mereka dalam menerima transfer
of knowledgesaat itu.
4. Tegas
Ketegasan bukanlah kekerasan dan kekerasan bukanlah
ketegasan, ketegasan adalah sikap yang pasti dalam memutuskan, pilihan
jawabannya adalah ya atau tidak, tidak ada jawaban yang meragukan bagi siswa.
5. Rasional
Pembelajaran yang benar-benar akan efektif serta dapat dipahami
anak adalah sesuatu pembahasan yang logika, masuk akal, dan benar-benar dapat dicerna,
dinalar, dan dipikirkan oleh kemampuan otak mereka.
6. Inspiratif
Di sela-sela proses pembelajaran,
alokasikan waktu sekitar 5 menit untuk menyampaikan beberapa kata-kata yang
membangkitkan semangat, kata-kata mutiara yang berintikan motivasi, contoh
kalimat yang bisa membangkitkan semangat belajar siswa, seperti; Untuk menjadi
pintar memang sulit, tapi lebih sulit lagi kalau tidak pintar. Jati diri bukan
dicari, tapi diciptakan, Di mana ada kemauan, di situ ada jalan, Bakat belum
tentu mempunyai minat, namun minat dapat menciptakan bakat dan lain sebagainya.
Selain itu kita dapat juga menceritakan biografi singkat
tentang kisah-kisah orang yang telah sukses, bisa juga tentang hal-hal lain
yang sekiranya dapat menyalakan api semangat dalam mewujudkan setiap cita-cita
mereka, beri keyakinan yang mendalam akan pentingnya belajar dan berusaha,
karena belajar adalah bagian dari usaha itu sendiri.
Pelajar berprestasi atau bahkan kisah-kisah orang sukses
saat ini, namun yang menjadi highligh dari kisah sukses yang inspiratif
diceritakan saat umur sebaya dengan siswa, hal ini akan menimbulkan semangat
baru, menjadi motivasi bahkan kreatifitas, inovasi lahir dari sebuah inspirasi
(hikmah).
Usahakan setiap tatap muka selalu sediakan waktu khusus
untuk menginspirasi siswa, terlebih jika kita sebagai guru mereka bisa menjadi
sosok yang inspiratif bagi mereka.
7. Modern
Gunakan pendekatan yang sesuai dengan jaman mereka untuk
mengarahkan siswa, karena mereka lahir di jamannya, bukan lahir di jaman kita.
Oleh karena itu, jelas bahwa secara pendidikan alamiah saja, pendidikan alam
yang dia alami sangat berbeda jauh dengan apa yang kita alami, sehingga mindset
mereka secara alamiah sedemikian rupa dan pastinya jauh berbeda dengan mindset
mereka.
Demikian sebagian resume dari metode ataupun teknik
pembelajaran terbaru yang sedang saya susun, semoga pada kesempatan mendatang
konsep ini dapat saya realisasikan dalam bentuk buku. Mohon do’a dari
rekan-rekan guru semua, dan terima kasih saya ucapkan kepada teman-teman yang
telah mendukung penulisan tentang metode pembelajaran ESKTRIM ini.
Saran dan kritik dari anda semua sangat kami harapkan
dengan mengirimkan pesan anda ke email: djsnspd@yahoo.co.id atau pesan via akun Facebook saya.
Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin...
Salam edukasi...!!!
Post a Comment