0
CARA MENYAMBUNGKAN INTERNET DENGAN HANDPHONE
(CARA AKTIFKAN MODEM HANDPHONE DI KOMPUTER / LAPTOP)

Handphone saat ini merupakan sebuah produk dari adanya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Fasilitas yang disediakan pun dari waktu ke waktu semakin bertambah, dengan kata lain fungsi handphone saat ini bukan hanya sebagai alat komunikasi suara dan pesan singkat namun juga dapat digunakan sebagai modem untuk koneksi internet. Penjelasan mengenai modem dari http://id.wikipedia.org/wiki/Modem : Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.


Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.



Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.



Berikut adalah aplikasi-aplikasi / program yang perlu diinstal dulu pada komputer / laptop anda khususnya yang menggunakan handphone merk Nokia yang telah tersedia fasilitas internet di dalamnya:




Cara menjalankan aplikasi ini, pertama install dulu Opera sebagai browser di komputer / laptop anda , setelah itu install PC Suite dan juga Ovi Suite sebagai pasangan aplikasi di handphone anda. Siapkan kabel data / aktifkan bluetooth untuk menyambungkan hp anda ke slot USB dari handpone ke komputer / laptop anda. Ikuti petunjuk penginstalan sampai handpone anda dikenali pada sistem PC Suite atau Ovi Suite. Setelah tersambung ke internet silahkan buka kembali Opera sebagai browsernya. Semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan tulis pesan anda di kolom komentar di bawah ini. Blog sekolah ini kami buat dari awal hingga hari ini juga melalui media dan menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut di atas. Terimakasih…

Post a Comment

 
Top