0
   TRIKS/TIPS BELAJAR EFEKTIF PELAJAR/SISWA

     Setiap manusia pasti mengalami proses pembelajaran dalam hidupnya, baik secara sadar disengaja maupun sadar tidak disengaja (tapi bukan berarti belajar sambil melamun lhoo....??!), daripada protes akan saya coba jelaskan perbedaan sadar disengaja dan sadar tidak disengaja... , Sadar disengaja berarti aktifitas dilakukan dengan kondisi terjaga (tidak tidur juga tidak pingsan...???) serta pelaku tahu sekaligus mengerti akan apa yang harus dilakukannya berdasarkan niat, maksud dan tujuan yang jelas. Sadar tidak disengaja berarti aktifitas dilakukan dengan kondisi terjaga dan pelaku tahu apa yang dilakukannya tetapi belum tentu mengerti mengapa dilakukan. Oleh karena itu lakukanlah aktifitas belajar dengan sadar dan disengaja. Okey.....

     Baiklah kita kembali ke laptop, komputer atau hp terserah anda...??? "Just kidding...".
Siswa adalah pelajar dan guru adalah pengajar, lalu untuk siapa tulisan ini dibuat...??? ya tentunya untuk pelajar karena yang membuat tulisan ini khan guru sebagai pengajar (baca: guru juga perlu belajar)...he...he..., langsung aja tips belajar yang efektif (berhasil guna) untuk pelajar baik di rumah maupun di sekolah:
  1. Awali dengan do'a kepada Tuhan Yang Maha Mengetahui agar apa saja yang anda pelajari hari ini berkah sekaligus manfaat di dunia dan akherat.
  2. Niat, karena tanpa niat yang benar berarti anda dapat masuk kategori belajar sadar tidak disengaja...???? Contoh: selama 2 jam ini saya mau belajar matematika agar pada ulangan harian matematika besuk nilai saya 100...!!!
  3. Buat fisik kamu senyaman mungkin supaya raga anda nanti tidak komplain (mengganggu) sewaktu anda belajar, misal: jika lapar makan dulu, haus minum dulu, ngantuk tidur dulu....??? lho kok malah tidur...!!! boleh tidur tapi setelah belajar...!!!. 
  4. Balas dulu SMS dari orang-orang yang ada di hatimu...(baca kedua orang tua/ saudara/ teman), kalau perlu ambil inisiatif untuk SMS / telepon mereka dan bilang kalau 2 jam ini saya tidak bisa diganggu lagi karena lagi ada acara penting...!!!
  5. Konsentrasi (pemusatan perhatian atau pikiran pd suatu hal) atau fokuskan indera mata, telinga dan pikiran anda untuk mencerna pelajaran karena ilmu adalah makanan otak/pikiran, jelaslah sekarang bahwa orang pinter pasti banyak makan ilmu dengan belajar.
  6. Ingat-ingatlah apa yang belum anda bisa khususnya tentang materi-materi dasar dulu agar belajar anda sistematis/teratur, contoh: anda akan kesulitan menghitung luas, panjang sisi tegak, sisi miring dari sebuah segitiga siku-siku  jika anda belum memahami dalil phytagoras.
  7. Sukailah seluruh mata pelajaran karena pada dasarnya seluruh mata pelajaran saling berkaitan, contoh: istilah bahasa Indonesia dari kata transmigrasi berhubungan dengan bahasa Inggris dari kata transmigration, berhubungan juga dengan IPS tentunya tema artinya sama tentang perpindahan penduduk, dan masih banyak lagi materi yang saling berhubungan bahkan dengan ilmu eksakta (pasti) sekalipun.
  8. Buat mitra belajar (teman belajar) yang solid dengan belajar kelompok dengan tempat belajar bergantian antara anggota belajar.
  9. Kerjakan seluruh pekerjaan rumah (PR) dari guru dengan maksimal, kesempatan kamu bisa "mencontek" jawaban dengan bertanya dengan lingkungan keluarga atau teman, dan pastinya kamu bisa utak-atik soal tersebut dengan banyak referensi buku paket, catatan kamu, maupun buku-buku latihanmu. Jika nilai PRmu baik, selain mendapatkan peningkatan nilai bonusnya guru akan menganggab kamu mempunyai kebiasaan yang baik di rumah.
  10. Aktif bertanya dan jangan pernah sekalipun menolak atau tidak mau disuruh maju ke depan oleh guru walaupun kamu memang belum bisa, karena sekali anda menolak berarti anda menolak untuk tumbuh dalam artian mendapatkan ilmu baru, ingat....!!! Kesalahan yang paling besar adalah tidak mau memperbaiki kesalahan yang jelas-jelas kita mengetahui kekurangan/kelemahan kita.
  11. Nyalakan terus cita-cita dan kalau perlu buat daftar keinginanmu suatu ketika nanti dan saya yakin kunci utama untuk mencapai cita-cita dan keinginan anda tersebut adalah SAYA HARUS PINTAR, SAYA HARUS TAHU, SAYA HARUS MENGERTI, SAYA HARUS PAHAM DAN SAYA YAKIN PASTI BISA DENGAN SEMANGAT GIAT BELAJAR MULAI HARI INI, BESUK DAN SETERUSNYA...!!! SELAMAT DATANG PERUBAHAN...
     Sementara ini dulu tips dan triks belajar efektif, selanjutnya akan saya hadirkan dalam posting berikutnya. Semoga bermanfaat... Amin...

Post a Comment

 
Top