0
Bismillahirrahmanirrahim,

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.....



Salam Pramuka ...!!!



Yang terhormat Ibu Kepala Sekolah dan Bapak/Ibu dewan guru SD/SMPN Satu Atap Sungai Karang, kakak-kakak pembina pramuka SD/SMPN Satu Atap Sungai Karang, adhik-adik peserta pramuka SD/SMPN Satu Atap Sungai Karang sekalian yang berbahagia.............


Pada kesempatan yang baik ini, marilah sekali lagi kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, karena kita semua dapat menghadiri Peringatan Hari Pramuka ke-50 tahun 2011. Atas nama keluarga besar Pramuka gugus depan SD/SMP Negeri Satu Atap Sungai Karang, saya mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun yang ke-50 kepada Keluarga Besar Gerakan Pramuka di seluruh tanah air. Pengabdian pramuka telah terukir dalam sejarah generasi penerus perjuangan bangsa.



Saya berharap dengan usianya yang ke-50 ini, Gerakan Pramuka di SD/SMP Negeri Satu Atap Sungai Karang semakin aktif dan lebih bisa meningkatkan baktinya khususnya demi kemajuan SD/SMP Negeri Satu Atap Sungai Karang serta bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia pada umumnya.



Pada kesempatan yang berbahagia ini pula, saya ingin mengucapkan selamat kepada semua siswa SMP yang pada hari ini mendapatkan kesempatan menjadi bagian dari pengurus OSIS SMPN Satu Atap Sungai Karang yang dipimpin oleh Restin Nurvijanah, semoga pengabdian OSIS SMP nantinya bisa mendukung peningkatan kegiatan Pramuka di sekolah yang kita cintai ini.



Bapak Ibu serta siswa-siswi SD/SMP Negeri Satu Atap Sungai Karang ............

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak baik oleh Bapak/Ibu guru, Pembina Pramuka maupun siswa-siswi semua atas segala prakarsa, kreativitas, dan kerja kerasnya yang ditunjukkan selama ini sehingga upacara ini bisa terlaksana dengan baik.



Bapak Ibu serta siswa-siswi SD/SMP Negeri Satu Atap Sungai Karang ..............

Gerakan Pramuka tetap penting dan akan semakin penting di masa depan. Oleh karena itu, marilah dengan penuh tanggung jawab kita bersatu padu untuk memajukan Pramuka di sekolah kita, mari lakukan berbagai upaya untuk benar-benar memajukan Gerakan Pramuka di SD/SMP Negeri Satu Atap Sungai Karang.



Mengapa saya mengingatkan kita mesti bersatu? Hanya dengan persatuanlah, kita bisa mengatasi segala permasalahan dan tantangan yang dihadapi sekolah kita. Hanya dengan persatuanlah, kita bisa meningkatkan prestasi sekolah  dan akhirnya meningkatnya kualitas SDM siswa-siswi yang berkarakter pemimpin, berjiwa besar, berdedikasi, berintegritas, dan berkompeten.



Tema yang diambil oleh Gerakan Pramuka yaitu “Tingkatkan Peran Gerakan Pramuka Dalam Membangun Karakter dan Kepemimpian Bangsa.” Ya, membangun karakter dan kepemimpinan bangsa untuk menjadi bangsa yang unggul dan maju. Karakter sangat penting, kepemimpinan juga penting, kita sering mendengarkan character building. Kita juga sering mendengar leadership development.

Dua-duanya penting. Mengapa? Bangsa yang menang, bangsa yang unggul, bangsa yang berhasil haruslah memiliki karakater yang unggul pula. Karakter yang unggul ditentukan oleh kepribadian, oleh mental, oleh watak bangsa itu.



Kalau bangsa kita tangguh, kokoh, ulet tidak mudah menyerah, memiliki semangat yang tinggi untuk maju, maka tidak ada masalah dan tantangan yang tidak bisa kita atasi. Karakter bangsa yang unggul, juga bangsa yang rukun satu sama lain, saling sayang-menyayangi, bangsa kita majemuk.



Oleh karena itu, dengan kemajemukan itu justru kita harus lebih kompak, lebih rukun, lebih bersatu, sebagai salah satu karakter bangsa yang unggul dan bangsa unggul, bangsa yang berkarakter adalah terus memajukan dirinya, mencari terobosan, berinovasi, berkreasi, bekerja keras untuk mencapai cita-cita kita semua.



Marilah kita bangun dan saya ingin Gerakan Pramuka menjadi contoh, menjadi tauladan, bangun watak siswa-siswi SD/SMP Negeri Satu Atap Sungai Karang sejak sekarang untuk menjadi putra-putri bangsa yang berkarakter unggul.



Yang kedua, kepemimpinan / leadership. Semua pemimpin: pemimpin bagi dirinya, pemimpin di tingkat kelas, pemimpin pada tingkat sekolah, pemimpin masyarakat, pemimpin daerah, pemimpin negara, semua adalah pemimpin. Pemimpin harus memberikan tauladan, pemimpin memberikan contoh dan bekerja bersama-sama dengan yang dipimpin. Pemimpin memberikan motivasi dan inspirasi bagi semuanya.



Kita semua ingin karakter seperti ini, sifat-sifat kepemimpinan ini sejak dini ditanamkan pada seluruh anggota Gerakan Pramuka. Kalau sejak dini putra-putri kita yang ikut Gerakan Pramuka memiliki karakter yang unggul, dilatih bagaimana memimpin yang lain, memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, Insya Allah dengan ridho Tuhan Yang Maha Kuasa, adik-adik Pramuka kelak akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa, tokoh-tokoh masyarakat, putra-putri yang handal, yang akan membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi kita semua.



Itulah yang ingin saya sampaikan. Jangan menyerah. Marilah kita berjuang dengan gigih, masa depan kita indah, cerah, mari kita sambut bersama-sama dengan persatuan, dengan kekompakan, dengan kepemimpinan dan kerja keras.



Demikian Saudara-saudara, Dirgahayu Gerakan Pramuka Republik Indonesia ke-50 . Sekian dan terimakasih.



Salam Pramuka ...!!!



Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Post a Comment

 
Top