KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)

PENDAHULUAN

A.     RASIONAL

      Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik.
    
     Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) yang beragam mengacu  pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam pengembangan kurikulum.

      Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan kurikulum pada KTSP jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada SI dan SKL serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan  (BNSP).

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMPN Negeri Satu Atap Sungai Karang yang selanjutnya disebut Kurikulum SMPN Negeri Satu Atap Sungai Karang ini disusun sesuai dengan potensi daerah, sosial budaya masyarakat, karakteristik peserta didik di SMPN Negeri Satu Atap Sungai Karang dan tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengembangan sumber daya manusia peserta didik agar mampu bersaing dalam kehidupan masyarakat di era globalisasi sekarang ini.

B.      LANDASAN HUKUM
  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Ketentuan dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 yang mengatur KTSP adalah Pasal 1 ayat (19); Pasal 18 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 32 ayat (1), (2), (3); Pasal 35 ayat (2);  Pasal 36 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 37 ayat (1), (2), (3); Pasal 38 ayat (1), (2).
  3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  4. Ketentuan dalam PP Nomor 19 Tahun 2005 yang mengatur KTSP adalah Pasal 1 ayat (5), (13), (14), (15); Pasal 5 ayat (1), (2); Pasal 6 ayat (6); Pasal 7 ayat  (1), (2), (3), (4), (5), (6), (7), (8);  Pasal 8 ayat (1), (2), (3); Pasal 10 ayat (1), (2), (3); Pasal 11 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 13 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 14 ayat (1), (2), (3); Pasal 16 ayat (1), (2), (3), (4), (5); Pasal 17 ayat (1), (2); Pasal 18 ayat (1), (2), (3); Pasal 20.
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No 22 tahun 2006, tentang Standart Isi.
  6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No 23 tahun 2006,tentang Standar Kelulusan .
  7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No 24 tahun 2006 tentang pelaksanaan Permendiknas  22 & 23 tahun 2006.
  8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 6 Tahun 2007 tentang Perubahan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006.
  9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.    
  10. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI, Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan
C. TUJUAN

    Kurikulum SMPN Negeri Satu Atap Sungai Karang  ini disusun sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan di SMPN Negeri Satu Atap Sungai Karang Kabupaten Tebo.

No comments:

Post a Comment